Senin, 31 Maret 2014

7 Fakta Menarik Soundtrack FROZEN, Wajib Tahu!




     Disney kembali menegaskan jika animasi drama musikal tidak akan pernah tenggelam ditelan zaman. Lewat fitur FROZEN yang digarap secara apik oleh Jennifer Lee dan Chris Buck, Disney menunjukkan kelasnya.
      Dengan rekor Box Office, meraih 1 miliar USD, FROZEN dianggap animasi drama musikal terlaris sepanjang masa setelah film THE LION KING. Berbagai penghargaan pun disabet film yang diambil dari dongeng berjudul, The Snow Queen ini. Frozen sukses menyabet Oscar, Bafta, Annie Awards, dan Golden Globe dalam bermacam kategori.
      Tidak hanya filmnya saja yang meraih kesuksesan, soundtrack dari FROZEN pun dapat imbas yang sama. Nah, ingin tahu fakta-fakta menarik tentang film animasi ini? Yuk lihat di sini.





[1]  Hanya Ada 6 Karakter Yang Bernyanyi


      Frozen adalah film animasi musikal, yang memang sepanjang cerita para karakternya akan bernyanyi sesuai suasana hati. Oleh karenanya, pengisi suara karakter film Frozen harus memiliki kualitas olah vokal yang baik. Dalam film ini sendiri, ada 6 karakter yang bernyanyi.
     Anna bernyanyi sebanyak 4 kali; Do You Want to Build a Snowman, For the First Time in Forever, Love Is An Open Door dan For the First in Forever (Reprise). Kemudian Elsa bernyanyi 3 kali; For the First Time in Forever, Let it Go dan For the First Time in Forever (Reprise).
      Selain mereka, ada Hans, Kristof, Olaf dan para trolls yang bernyanyi masing-masing satu kali di sepanjang film.


[2]  5 kali Pengulangan Rima Door dan Anymore 

     Entah memang tidak disengaja atau memang sengaja untuk membuat semua lagu soundtrack terasa nyambung. Pasalnya, Robert Lopez dan Kristen Andersen Lopez, komposer lagu-lagu Frozen, menggunakan kata Door dan Anymore sebagai rima di 5 lagu berbeda
      Coba perhatikan kata anymore dan door yang digunakan dalam 5 lagu ini :
1. Do You Want to Build a Snowman; "I never see you anymore, come out the door".
2. For the First Time in Forever: "The window is open, so's that door. I didn't know they did that anymore".
3. Love is an Open Door: "Say goodbye (say goodbye) to the pain of the past. We don't have to feel it anymore. Love is an open door."
 4. Let it Go: "Let it go, let it go. Can't hold it back anymore. Let it go, let it go. Turn away and slam the door."
 5. For the First Time in Forever (Reprise): "Please don't slam the door, you don't have to keep your distance anymore."


[3]  Mengenal Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez

     Robert Lopez dan Kristen Anderson adalah pasangan suami-istri yang dipercaya oleh Walt Disney untuk menciptakan lagu di film Frozen. Jika kalian penggemar film-film Walt Disney, karya mereka tidaklah begitu awam di telinga.
     Pasalnya, pasangan yang sukses memenangkan Oscar untuk original soundtrack terbaik ini pernah menggarap komposisi musik untuk film Winnie The Pooh.


[4]  Komposisi Musik Yang Megah 

     Disney memang selalu serius jika untuk urusan komposisi musik, apalagi jika ini adalah sebuah animasi drama musikal. Kisah yang diangkat dari dongeng ini pun memiliki komposisi musik yang wah.
     Untuk scoring, film ini merekam sebuah orkestra dengan 80 alat musik berbeda, termasuk 32 suara vokal. Tim produksi juga rela pergi ke Norwegia untuk merekam kelompok paduan suara bernama Cantus. Selain itu, Christophe Beck, penata musik Frozen, memakai berbagai alat musik tradisional Norwegia dalam alunan musik yang digubahnya.
     Alhasil, kolaborasi Christophe, Robert dan Kristen adalah menyajikan pengalaman dan perjalanan musik yang megah nan indah dari awal hingga akhir film.


[5]  Populer di Internet

     Tidak bisa dipungkiri jika lagu-lagu dari Frozen, adalah lagu yang sangat populer di Internet. Kabarnya, saking banyak yang mencover, melakukan lipsync dan parodi, kepopulerannya telah mengalahkan hits Wrecking Ball.
     Lihat saja, untuk satu video cover di mana Frozen dinyanyikan dalam versi suku Afrika ini, telah ditonton lebih dari 21 juta pasang mata. Selain itu, ada video cover gadis imut Maddie dan Zoe yang berhasil dilihat pengguna Youtube sebanyak 7.1 juta kali. Dan masih banyak lagi klip-klip lipsync serta cover dari soundtrack Frozen yang jadi favorit di Youtube.


[6]  Dinyanyikan Dalam 25 Bahasa 

     Walt Disney tidak ketinggalan membuat klip yang ingin dijadikan viral dan sensasi di Youtube. Secara official, Disney merilis klip mash-up Let It Go yang dinyanyikan dalam 25 bahasa populer di dunia.
     Hampir dan sangat lengkap, bahkan membuat semua orang takjub dibuatnya. "Ini adalah yang terbaik, kalian harus segera mendengarkannya," tulis TIME magazine.
     Sayangnya, Bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa melayu diwakilkan oleh negara Malaysia.


[7]  Dibawakan Nowela Idol 

     Menggetarkan panggung kompetisi sebesar Indonesian Idol bukanlah perkara mudah. Akan tetapi hal tersebut sanggup dilakukan oleh Nowela. Kontestan asal Papua tersebut diprediksi juara setelah menyanyikan Let It Go.
     Yang istimewa, Nowela tidak hanya sekedar menyanyikan lagu tersebut, tetapi memberinya sentuhan cemerlang. Ia menyisipkan lirik Bahasa Indonesia di lagu yang dipopulerkan oleh Idina Menzel tersebut. Selain itu, ia juga menghiasi lagu dengan kata-kata dari Bahasa Papua di beberapa bagian.
     "Lagu ini banyak diartikan di berbagai negara. Dan di American idol juga dibawakan. Tetapi menurutku, kamu jauh lebih bagus," puji Anang Hermansyah.



sumber : kapanlagi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar