Minggu, 30 Juni 2013

Kisah Adik Obama Mengunjungi Yogyakarta



Barrack Obama yang dulu menghabiskan masa kecil di Indonesia menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Presiden dua periode di Amerika Serikat itu pernah bersekolah dan tumbuh besar di Jakarta. Hal ini membuat Indonesia memiliki ikatan kuat dengan Obama. Selain Obama, Maya Soetoro juga memiliki histori yang sama kuat dengan Obama. Maya Soetoro adalah adik dari Barrack Obama, buah hati dari Ibunda Obama dengan Soetoro, warga negara Indonesia.


Maya Soetoro beberapa kali mengunjungi Indonesia. Selain karena keluarga besarnya tinggal di Jakarta, Maya Soetoro yang seorang akademinis University of Hawaii at Manoa (UHM) beberapa waktu lalu datang ke Indonesia dan berkunjung ke Yogyakarta. Rupanya selain Jakarta, Maya dan Obama juga memiliki kenangan dengan kota gudeg ini. Dulu ketika mereka masih anak-anak, setiap liburan sekolah Ayah dan Ibu mereka mengajak mereka untuk berlibur ke Yogyakarta.

Maya mengatakan bahwa Yogyakarta adalah kota yang nyaman, tenang dan memiliki universitas yang bagus. Maya mengunjungi Universitas Gajahmada (UGM) dan berkeliling melihat museum yang dibuat oleh UGM. "Saya memberikan apresiasi atas rancangan dan keberadaan museum tersebut untuk memberikan ruang berekspresi," kata Maya. Museum ini berisi foto-foto sejarah UGM dari masa ke masa, tokoh-tokoh nasional yang berjasa pada pendirian universitas.

Selain berisi seputar sejarah UGM, museum ini juga memiliki ruang yang menjadi miniatur tempat tinggal Obama ketika dulu berlibur ke Yogyakarta. Maya mengapresiasi hal ini dan membuatnya serasa kembali ke masa kecil ketika berlibur ke Yogyakarta. Maya berharap bahwa Yogyakarta akan terus menjadi kota yang pantas di rindukan. Dengan adanya museum UGM maka bertambah satu lagi objek wisata di sana. Museum UGM menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk mentransformasikan jati diri UGM sebagai universitas perjuangan, kebangsaan, kebudayaan, dan berdasarkan Pancasila.

Maya Oetoro dan Barrack Obama menempatkan Indonesia sebagai negara yang membuat mereka nyaman untuk tinggal. Obama beberapa kali menyampaikan bahwa dirinya ingin bisa berkunjung ke Indonesia lagi. Karena bagi Obama, Indonesia adalah rumahnya dan selalu rindu untuk kembali pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar