Kamis, 07 Maret 2013

Lezatnya Puding Monmouth Khas Wales


VIVAlife - Puding Monmouth adalah salah satu resep tradisional Wales. Ciri khas puding ini menggunakan remah roti yang masih segar sebagai bahan utama.
Seperti dilansir laman Telegraph, ada berbagai jenis resep puding Monmouth. Mulai dari yang menggunakan tambahan apel atau plum rebus hingga tart fruit. Namun dalam resep kali ini, apel dan plum diganti dengan selai. Tujuannya tentu saja agar rasa puding tidak terlalu manis. 

Bahan:
400 ml susu
50 ml krim
125 gram gula kastor, ditambah 1 sdm
100 gram remah roti putih segar
25 gram mentega asin, potong dadu
3 butir telur
Parutan kulit satu lemon
175 gram selai tart atau berry yang lembut (bisa dibuat dari blackcurrant)
150 gram berry beku (raspberryblackberry blackcurrant)



Cara pembuatan:
1. Panaskan susu, krim, dan 50 gram gula. Setelah itu tambahkan remah roti dan mentega asin. Biarkan selama 30 menit, lalu masukkan kuning telur yang telah dikocok dan parutan kulit lemon. Aduk rata.

2. Tuangkan adonan ke dalam wadah puding. Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama 30 menit. Keluarkan puding dan ubah suhu oven menjadi sekitar 180 derajat celsius.

3. Tuang dan ratakan selai di atas adonan dengan sendok. Hati-hati agar adonan tidak tertusuk. Setelah itu taburkan berry segar.

4. Kocok putih telur hingga kaku, lalu tambahkan sisa gula. Kocok lagi hingga kaku. Tuangkan ke atas adonan dan taburi dengan satu sdm gula. Panggang kembali puding ke dalam oven selama 10 menit, hingga adonan putih telur terlihat berwarna keemasan.

5. Keluarkan dari oven dan biarkan sebentar hingga dingin. Sajikan dengan crème fraîcheuntuk menambah kelezatan. 
.
.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar