Selasa, 05 Maret 2013

Sepuluh Ide Menata Foto


Ghiboo.com - Meski sekarang era digital, tak ada salahnya mencetak foto keluarga sebagai bagian dari dekorasi kediaman.
Tampilkan foto keluarga dalam beragam pose dan display. 10 tip ini dapat dijadikan acuan yang dapat Anda coba.

Tampilan Ekspresi
Cara mudah untuk mengabadikan ekspresi si kecil yang lucu dan menggemaskan adalah dengan memajangnya dalam bentuk foto. Tak perlu pusing memilih pose mana yang paling lucu karena akan jauh lebih menarik bila ada puluhan pose dalam satu bingkai.
Pilih bingkai yang simpel sehingga foto akan terlihat lebih menonjol. Anda dapat mencetak foto satu-satu lalu menyatukannya, atau menatanya lebih dahulu dengan softwarekomputer, lalu mencetaknya dalam ukuran besar.

Ala "The Brady Bunch"
Buat foto keluarga bertema film The Brady Bunch, yang masing-masing anggota keluarga seolah melihat satu sama lainnya. Sebelum mengambil foto, buat konsep terlebih dahulu, misalnya Ayah melihat ke bawah, Ibu melihat ke kanan atas, Adik melihat ke kanan bawah, Kakak melihat ke kiri atas, dan seterusnya. 
Untuk memudahkan, buat grid atau kotak-kotak peletakan tempat masing-masing anggota keluarga. Jika jumlah anggota keluarga ganjil, sisakan satu tempat kosong untuk diberi tulisan seperti: "we are family", atau kalimat lain sesuai keinginan.

Rentetan Peristiwa
Abadikan dan tampilkan rentetan peristiwa dalam satu bingkai. Misalnya kejadian si kecil sedang mengejar balon, atau sedang mengintip di balik pintu. Cetak beberapa adegan yang mewakili keseluruhan rentetan kejadian, lalu pajang di atas lemari sudut. Selain bingkai yang dapat dibeli di toko, Anda juga dapat membuat sendiri bingkai dari karton, kain atau kertas kado dan pita seperti pada contoh ini. Mudah dan unik.

Bingkai Unik
Ubah fungsi benda lain menjadi bingkai. Talenan salah satunya. Warna dan tekstur kayu dari talenan yang sudah lama digunakan akan terlihat antik dan unik. Tempelkan foto di atas talenan menggunakan lem atau perekat dua sisi. Agar foto lebih tahan lama, lampisi dulu dengan plastik stiker atau laminasi. Pajang di foyer atau ruang tamu. Pasti 'bingkai' Anda akan jadi pusat perhatian!

Buku Foto
Sekarang banyak tempat percetakan yang memberi pelayanan membuat photobook atau buku foto. Jika dimaksimalkan, biaya yang Anda keluarkan jauh lebih murah ketimbang mencetak foto satu persatu. Tema buku dapat beragam; liburan keluarga, pesta ulang tahun nenek, perkembangan si kecil saat bayi, atau sekadar cerita kehidupan keluarga sehari-hari.
Ada baiknya untuk mencetak buku dalam bentuk dan ukuran yang sama untuk memudahkan penyimpanan. Tumpuk di atas coffee table atau pajang di rak buku agar mudah untuk dibaca dan dilihat-lihat.

Dalam Kelompok
Pajang foto layaknya karya seni. Cetak foto di kanvas dan pajang tanpa bingkai (frameless) seperti sebuah lukisan. Gabungkan dengan wall-art lain. Anda dapat memadukan dua atau tiga jenis pajangan dinding untuk dipasang bersama dengan foto; misalnya pajangan dari lempengan perak atau tembaga, lukisan abstrak, lukisan sketsa, atau ukiran kayu.

Papan Panjang
Gunakan papan pesan atau message board untuk memajang foto. Tak hanya foto, Anda juga dapat memasang ilustrasi cerita dari foto yang dipajang. Pilih papan pesan yang sesuai dengan interior ruangan. Untuk ruang keluarga, pilih motif dan warna yang netral. Untuk kamar anak, bisa menggunakan warna-warna terang yang lebih berani.

Kartu Ucapan
Cetak foto sebagai kartu ucapan. Caranya mudah, buat foto keluarga dengan latar belakang polos. Beberapa anggota keluarga difoto sambil membawa kumpulan balon atau karton besar yang digunting berbentuk gelembung untuk ucapan seperti pada komik. 
Cetak foto seperti biasa di atas kertas foto atau art paper. Dengan menggunakan spidol permanen, tuliskan ucapan Anda di atas kumpulan balon yang memang disediakan untuk menuliskan ucapan. Tempelkan foto di atas karton yang sudah dilapisi kain atau kertas kado cantik. Jadilah kartu ucapan yang personal!

Anggota Tubuh
Anak-anak selalu menarik untuk diabadikan dalam berbagai pose. Untuk tampilan yang berbeda, foto anggota tubuh si kecil; misalnya jari kaki, lidah, tangan, atau bahkan aksesori yang dikenakannya, misalnya jepit rambut, jam tangan, atau tali sepatunya. Beri tulisan di atas foto lalu pajang menjadi satu kesatuan dalam bingkai jepit yang sederhana.

Bingkai Dalam Foto
Jadikan bingkai sebagai obyek foto. Minta anggota keluarga berfoto sambil memegang bingkai besar seolah-oleh ia berada di dalam sebuah bingkai foto. Lalu cetak. Pajang di atas sehelai karton tebal yang sudah dilapisi kain atau kertas cantik. Jadilah foto berbingkai yang dipajang tanpa bingkai! (ins)




(Good Housekeeping Indonesia edisi Maret 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar